Cool Blue Outer Glow Pointer Tentang Sejarah PoliTeknik Harapan Bersama Tegal ~ KULIAH TAK SEINDAH DITIPI-TIPI

Jumat, 28 Oktober 2016

Tentang Sejarah PoliTeknik Harapan Bersama Tegal




Hello, Blogger Friends. Dalam postingan kali ini Saya akan membahas mengenai Universitas tempat Saya kuliah saat ini yaitu, PoliTeknik Harapan Bersama Tegal. Universitas ini merupakan Universitas Swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan “HARAPAN BERSAMA”. 



Sejarah Awal Berdirinya: 

Pada era tahun 2000-an, Kota Tegal terkenal sebagai kota yang dinamis dan metropolis yang dapat membuat masyarakat luas kagum dengan hasil karya produksi home industri yang banyak diciptakan oleh masyarakat Tegal terutama oleh para anak muda pada saat itu. Dengan melihat adanya peluang yang menguntungkan di berbagai bidang pada saat itu dan juga dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan hasil mutu produksi home industri dari para anak muda di kota Tegal itulah yang pada akhirnya akan menjadi pelopor berdirinya Yayasan Pendidikan “HARAPAN BERSAMA”. Yayasan Pendidikan “HARAPAN BERSAMA” merupakan yayasan pendidikan yang berbasikan swasta yang didirikan pada 22 September 2001 dengan akte Notaris No. 26-05/BH/yy/2002/ PBH PN.

Kemudian, dalam rangka untuk mewujudkan Visi dan Misinya, maka pada tanggal 12 Desember 2001, timbulah gagasan untuk merintis pendirian sebuah Perguruan Tinggi PoliTeknik di kota Tegal yang akan berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan “HARAPAN BERSAMA”. Dan dengan dikeluarkannya Rekomendasi Walikota Tegal No. 421.4/00024, maka Yayasan Pendidikan “HARAPAN BERSAMA” pun mulai merancang pembangunan Perguruan Tinggi Swasta tersebut.

Kemudian pada tanggal 08 Juli 2002, lahirlah PoliTeknik Harapan Bersama Tegal, yang dengan menggunakan SK.Mendiknas RI Nomor : 128/D/O/2002 dan berkedudukan di kota Tegal. Pada awal berdirinya, PoliTeknik Harapan Bersama Tegal hanya memiliki 4 Program Studi, yaitu: 
  • D-3 Teknik Elektro
  • D-3 Teknik Mesin
  • D-3 Teknik Komputer
  • D-3 Akuntansi

Sejalan dengan pesatnya pembangunan nasional dan perkembangan industri & kesehatan maka pada tahun 2004 PoliTeknik pun akhirnya membuka 2 Program Studi Baru, yaitu:
  • D-3 Kebidanan
  • D-3 Farmasi

Dengan dibukanya Prgram Studi D-3 Kebidanan diharapkan PoliTeknik menjadi lebih maju dan lebih dikenal oleh masyarakat.

Program Pendidikan yang ada di PoliTeknik Harapan Bersama Tegal dirancang secara khusus untuk menghasilkan tenaga ahli yang mandiri dan profesional pada tingkat jenjang Diploma-3 dengan sistem pendidikan vocasional (70% Praktek dan 30% Teori), sehingga lulusan dapat diserap oleh pasar kerja dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Namun, seiring perkembangan industri khususnya dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta kebijakan otonomi daerah di Indonesia, setiap institusi dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi dan kebijakan ini secara optimal. Oleh karena itu setiap institusi secara maksimal perlu mempersiapkan sumber daya manusianya sehingga memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Dan dalam rangka untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sesuai dengan KEPMEN 232/U/2000, maka pada tanggal 13 Desember 2012 PoliTeknik pun akhirnya mendirikan lagi sebuah Program Studi baru, yaitu D-4 Teknik Informatika, satu-satunya Program Studi yang Jenjang Pendidikannya setara dengan S-1. Program Studi ini memiliki Nomor SK Pendirian 420/E/0/2012. Diharapkan lulusan Program Studi D-4 Teknik Informatika mampu memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras di berbagai bidang kehidupan serta mampu melaksanakan pekerjaan yang kompleks berdasarkan kemampuan profesional di bidang informatika.

0 komentar:

Posting Komentar